Sabtu, November 29, 2008

Gadis Bulbo.

fs jelek..bulbonya error melulu..
.
posting lagi di sini...
.
1. TIPE PACAR YG KAMU MAU?

:: tipe itu klise ah, saia malah gapernah suka ama orang yg sesuai tipe..
.
2. TIPE YANG GA BANGET BUAT KAMU?
:: matre,idungbelang,buayadarat,pedopil
.
3. KAMU SUKA YANG MIRIP ARTIS SIAPA?
:: jangan dimiripin biar unik
.
4. ANAK MAMI?
:: anak orang tuanya
.
5. KALO BODY?
:: proporsional ajah.. gamau yg chubby.
.
6. PELIT?
:: daadaaaah..
.
7. PEROKOK?
:: pacaran sama rokok, sana!
.
8. CLUBBERS?
:: gamau, ntar jadi ustad cimenk pula.
.
9. SUKA DUA KELAMIN?
:: blacklist
.
10. YANG LEBIH PINTAR DARI KAMU?
:: cerdas, tp balance antara akademik dan sosial. (trauma ama anak2 pinter pas SMA, yg nilai FISIKA-KIMIA bisa 100 dan BHS Indo cuma dapet 40)
.
11. BANYAK BULU?
:: kucing?
.
12. CHILDISH?
:: dewasa, biar balance
.
13. PRIORITASIN TEMAN-TEMANNYA DARIPADA KAMU?
:: asal tau waktu
.
14. EX-NYA SAHABAT KAMU, MAU GA?
:: ngga mau bekasan orang yg saia kenal ah, bekas gitu. apalagi sahabat. kejamnya saia kalo begitu.
.
15. PEMAKAI / PENGEDAR NARKOBA?
:: inget pacarnya maryam :P
.
16. LONG DISTANCE?
:: mm, terserah
.
17. TUKANG SELINGKUH?
:: mutilasi
.
18. SUKA SESAMA JENIS?
:: ah, gamau! sakit hati kalo diselingkuhin ama cowok.
.
19. TUKANG TEBAR PESONA?
:: taklukan
.
20. MINTA NIKAH TIBA-TIBA?
:: sabar, saia masih muda. pengen menikmati hidup dulu...(sendirian)
.
21. TUKANG MUKUL / KASAR?
:: mau dimutilasi?
.
22. WORKAHOLIC?
:: bekerja keras oke, gila kerja ngga mau,,,
.
23. OMBAK? KRIBO? GIMBAL?
:: jangan kribo jangan gimbal
.
24. BAWEL?
:: ogah ah
.
25. BAU BADAN?
:: deodoran kan banyak.
.
26. BEDA AGAMA?
:: gamau.
.
27. AGRESIF?
:: ih, serem
.
28. SUKA MAKAN PETE OR JENGKOL?
:: bau, Sayaaang.
.
29. MINTA BIKIN ANAK?
:: balikin ke orang tuanya
.
30. DILARANG BERGAUL?
:: seret keluar
.
31. CEMBURUAN?
:: bagus
.
33. GA PUNYA PEKERJAAN?
::ogah
.
34. KALO NGGA CAKEP?
:: biarin, cakep relativ. jelek mutlak!
.
35. KAYA RAYA/BORJUIS?
:: boleh, asal bukan duit ortunya
Jumat, November 28, 2008

.

Don't let me go.
Diposting oleh tyara di 17.45.00 | 0 komentar   Link ke posting ini
Label:

pertanyaan untuk CINTA

“Adakah tapak tanganmu berkeringat, hatimu
berdebar kencang dan suaramu tersekat di dadamu?
Itu bukan Cinta, itu SUKA.

Adakah kamu tidak dapat melepaskan pandangan
mata darinya?
Itu bukan Cinta, itu NAFSU.

Adakah kamu menginginkannya kerana kamu tahu
ia ada di sana?
Itu bukan Cinta, itu KESEPIAN.

Adakah kamu mencintainya kerana itulah yang
diinginkan semua orang?
Itu bukan Cinta, itu KESETIAAN.

Adakah kamu tetap mengatakan kamu
menyintainya kerana kamu tidak ingin melukai
hatinya?
Itu bukan Cinta, itu BELAS KASIHAN.

Adakah kamu menjadi miliknya kerana pandangan
matanya membuat hatimu melompat?
Itu bukan Cinta, itu TERGILA-GILA.

Adakah kamu memaafkan kesalahannya kerana
kamu mengambil berat tentangnya?
Itu bukan Cinta, itu PERSAHABATAN.

Adakah kamu mengatakan padanya bahawa setiap
hari hanya dia yang kamu fikirkan?
Itu bukan Cinta, itu DUSTA.

Adakah kamu rela memberikan semua perkara
yang kamu senangi untuk kepentingan dirinya?
Itu bukan Cinta, itu KEMURAHAN HATI.

Tetapi

Adakah kamu tetap bertahan kerana campuran
antara kesakitan dan kegembiraan yang
membutakan dan tak terfahami … menarikmu
mendekati dan tetap bersamanya?
ITULAH CINTA.

Apakah kamu menerima kesalahannya kerna itu
bahagian dirinya dan siapa dirinya?
Jika demikian, ITULAH CINTA.

Adakah kamu tertarik dengan orang lain tapi setia
dengannya tanpa penyesalan?
Jika demikian, ITULAH CINTA.

Adakah kamu menangis kerana kesakitannya
walaupun saat itu dia kuat?
ITULAH CINTA.

Adakah hatimu sakit dan hancur ketika dia
bersedih?
ITULAH CINTA.

Adakah hatimu gembira ketika dia berbahagia?
ITULAH CINTA.

Adakah matanya melihat hatimu dan menyentuh
jiwamu begitu mendalam sehingga menusuk?
Yang demikian itulah namanya CINTA.


copy from : http://www.untukku.com/artikel-untukku/pertanyaan-untuk-cinta-untukku.html

beda antara cinta dan suka

  • Dihadapan orang yang kau cintai, jantungmu tiba-tiba berdebar lebih cepat dihadapan orang yang kau sukai

  • Apabila engkau melihat kepada mata orang yang kau cintai, matamu berkaca kaca

  • Apabila engkau melihat kepada mata orang yang kau sukai, engkau hanya tersenyum saja

  • Dihadapan orang yang kau cintai, kata kata yang keluar berasal dari perasaan yang terdalam

  • Dihadapan orang yang kau sukai, kata kata hanya keluar dari pikiran saja

  • Jika orang yang kau cintai menangis, engkaupun akan ikut menangis disisinya

  • Jika orang yang kau sukai menangis, engkau hanya menghibur saja

  • Perasaan cinta itu dimulai dari mata, sedangkan rasa suka dimulai dari telinga

  • Jadi jika kau mau berhenti menyukai seseorang, cukup dengan menutup telinga

  • Tapi apabila kau mencoba menutup matamu dari orang yang kau cintai, Cinta itu berubah menjadi tetesan air mata dan terus tinggal dihatimu dalam jarak waktu yang cukup lama

  • Tetapi selain rasa suka dan rasa cinta... ada perasaan yang lebih mendalam.

    Yaitu rasa sayang…. rasa yang tidak hilang secepat rasa cinta. Rasa yang tidak mudah berubah.

  • Perasaan yang dapat membuatmu berkorban untuk orang yang kamu sayangi. Mau menderita demi kebahagiaan orang yang kamu sayangi.

copy from : http://www.untukku.com/artikel-untukku/beda-antara-cinta-dan-suka-untukku.html
Kamis, November 27, 2008

bulbooooo

FS errorr lagiii..
Gadis Bulbo posting di sini.

1. Nama orang yg bikin kamu tersenyum?
* Fifi sahabat Giring, ahaha
.
2. Apa yg kamu lakuin jam 8 pagi hari ini?
* ngebahas berita ama Rei, dan banyak hal
.
3. apa yg kamu lakukan 30 menit yg lalu?
* posting puisi untuk Kak Dimas :D
.
4. Apa yg terjadi ama kamu di tahun 1995?
* masih TK, mau lulus
.
5. Apa yg kamu katakan terakhir kali dengan keras?
* "ayang.." >> ke Lomie
.
6. ada berapa macam minuman yg kamu minum hari ini?
*gatau
.
7. apa warna sisir kamu?
* cokelat
.
8. apa yg terakhir kamu beli?
* baso udang..
.
9. Apa yg kamu terima di ulang tahun terakhir kamu?
* doa
.
10. apa warna pintu rumah kamu?
* cokelat
.
11. dmn kamu nyimpen koin kembalian?
* dompet buat receh
.
12. Gimana cuaca hari ini?
* gerimis
.
13. apa rasa es krim yg paling enak?
* cokelat, ama yg biru itu rasa apa?
.
14. apa yg bikin kamu seneng hari ini?
* ga ada. pala gue mumet ama tugas, presentasi, ujian dan UAS. puas lo pada para dosen???
.
15. Kapan terakhir kali kamu liat pelangi?
* di FS Mas Niq
.
16. Apa ukuran spatu kamu?
* 40
.
17. punya sodara perempuan?
* bukan kandung
.
18. ada rencana mau potong rambut?
* udah
.
19. Umur kamu diatas 25?
* under
.
20. Suka ngobrol?
* depends
.
21. Nonton the O.C?
* yaaah, yg ada si Kristin tukang rebut pacar orang itu bukan yah? Lanjutan Laguna Beach?
.
22. Ada huruf x gak di merk screen kamu?
* ada. kalo dinyalain
.
23. Punya kenalan yg namanya Krisna?
* mantan kecengaaaan, asli! Ahaha, ke teknik ah, nyari dia :P
.
24. Suka bikin kata2 sendiri gak?
* suka
.
25. Apakah kamu tipe orang yg cemburuan?
* suangat
.
26. Siapa nama orang terakhir di last recieved call?
* lupa
.
27. kamu suka gigit sedotan gak?
* kadang
.
28. Siapa orang yg paling brengsek di hidup kamu?
* mdc
.
29. udah berapa kali kamu mengumpat hari ini?
* beberapa kali
.
30. apa yg sering kamu ucapkan?
* masya ALLAH. karena terlalu kaget dengan tugas kuliah yg menumpuk, ga kelar2, ujian2, kuis2, UAS. masya ALLAH, ini sih namanya pembantaian!


--------------------------------



1. Apa kamu pencinta sejenis?
- beda jenis

2.Apa yang membuat kamu suka dengan seseorang?
- mm, sabar ngadepin saia. eh, supersabar.

3.Kamu pernah sangat bahagia bersama dengan orang yang kamu sayangi??
- pernah kayaknya

4.Apa kamu pernah merasa tdk bisa tidur karena seseorang??
- iyah, karena benci banget. sakit hati banget.

5.Apa kamu pernah begitu gelisah ketika bertemu dengan orang yg kamu sukai?
- wakakak, as always

6.Apa kamu pernah memimpikan seseorang yang kamu cintai?
- jarang, justru orang2 yg hilang

7.Apa kamu pernah di tinggal mati oleh seseorang yang kamu sayangi?
- Ya, (alm) Nenek di Kalimantan

8.Cara apa yang kamu lakukan saat kamu sakit hati karena disakiti org yang kamu sayangi?
- nyumpahin dia ngerasain yg sama dgn saia. Dan kejadian!

9.Bagi kamu pentingkah berkorban demi orang yang kamu sayangi?
- depend

10.Klo sahabat kamu suka sama kamu?
- sering pisan kejadian, ah sudahlah :D

11.Klo kamu tiba2 suka sama pacar sahabat kamu apa yang kamu lakukan???
- menjauhi mereka sampai hati saia tenang

12.Klo kamu di 3in ma pacar kamu?
- saia 6-in

13.Klo kamu disukain sama pacar sahabat kamu?
- gamau

14.Apa kamu pernah mengkhianati pacar kamu??
- ngga (da gapunya)

15.Pada saat kamu sudah punya pacar lalu gebetan kamu yang dulu ngedeketin,apa yang kamu lakukan???
- terlalu lama, begitu lama...

16.Ngeliat mantan dengan pacar barunya?
- minder tuh cewek, beke amaaaat :))

17.Klo sahabat kamu tau2 ngedeketin gebetan kamu??
- paling mau ditest

18.Klo ternyata pacar kamu lebih suka sama sahabat kamu?
- pergi gih, Say.. daripada ngancurin persahabatan akuh

19.Mending mutusin/Diputusin?
- mutusin ah, biar keren.

20.Kamu punya pacar?
- tidak

21.Menurut kamu mencintai sejenis itu salah?
- salah. maav yah, Sayang.. krn kita sayang ma kamu, makanya mau kamu berubah.

22.Apa menurut kamu selingkuh itu indah?
- kalo gaketauan

23.Klo pacar kamu matre?
- wah, gimana nih.. saia kan matre juga?

24.Klo kenyataan nya pacar kamu gak pernah sayang kamu?
- selingkuhin ah..

25.Menurut kamu pantaskah cewe nembak cowo?
- ga :D (nembak ma nyatain beda loh yah)

26.Apa kamu cukup sukses dalam hal percintaan?
- fools ahaha
Senin, November 24, 2008

no title

mengintai hati,
tak kudapatimu pasti.
tanya masih bergelung
dalam relung.
biar saja aku menepi
di sisi sepi,
ah, tak apa...
aku sudah biasa.


mengikuti jejak,
aku sedang tak berpijak.
berharap bisa terus berlari
tapi aku berhenti.
menoleh pada sayap memikat
sang malaikat.
kupinjam sayapmu,
sampai waktu hapus semu.


*untuk sang malaikat
**untuk kau yang bukan malaikat
**untuk hati yang tak mau berkompromi
***untuk pikiran yang selalu memanipulasi
****untuk satu kata, yang tak pernah kumiliki
Minggu, November 23, 2008

3 orang

flashback :

15 april 2004.
ahaha, seperti mengulang waktu.
biar semuanya beda.

thx eR ;)

.ia.

*dan buat penjaga istana, thank to you ;)
(tiba2 keingetan)
Diposting oleh tyara di 00.18.00 | 0 komentar   Link ke posting ini
Label:
Sabtu, November 22, 2008

untuk yg tercinta

untuk yang paling kucinta :


Tuhan, bolehkan kupinjam "bahuMU" untuk menangis?
Diposting oleh tyara di 23.55.00 | 0 komentar   Link ke posting ini
Label:

stupidy

heran, koq ada orang sebego gue? 8-)

*Asriii, help meeee... YRc please, i need u all.


**btw, masalah pindah juga gue belom cerita ke kalian.


***ah, gue bego-bego-begoo...
Rabu, November 19, 2008

UNLAM. FK-Psikologi

Ada yang tahu seputar FK-Jurusan Psikologi Universitas Lambung Mangkurat ?

saya sangat butuh informasinya. secepatnya.

Terima Kasih.

God, would YOU ?

Bandung, 19 November 2008

.aku ingin berlari, lari mengejar mimpi. mimpiku, bukan mimpi siapapun.

Aku ingin berlari, sejauh dan secepat kudapat. Berlari dari kenyataan yang seumur hidup selalu membelengguku, menahanku berlari, membuatku berjalan maju di bawah bayang-bayang dan tekanan.

Aku ingin berlari. Melepaskan harapan, harapan mereka. Aku ingin bahagia, dengan caraku sendiri. Bukan dengan aturan mereka.

Tapi, separuh hatiku membelah. Menolak ikut bersama jiwa dan raga yang berpaling arah. Separuh hati itu membelenggu langkah. Ah, Tuhan, aku belum ingin menyerah.

Separuh hati, merantai hasrat. Hasrat ingin bebas dan lepas dari sekat. Sayang, tak cukup daya aku untung melawan -setidaknya belum-. Sayang, kekuatanku belum terhimpun.

Tuhan mengirimiku malaikat, untuk mengajarkanku tentang putih. Karena ternyata, aku adalah abu-abu yang hitam. Ah, Tuhan (masih) maukah KAU mencintaiku? Biarpun aku hitam. Biarpun aku kelam.

Tuhan, aku ingin berlari. Tuhan, aku ingin bebas, ingin lepas. Tuhan, aku benci menjadi diriku yang seperti ini, tak bisa berbakti. Tuhan, aku butuh pertolongan. Tuhan, aku masih berpikir untuk berlari, aku masih ingin berlari, dan aku akan berlari. Entah kapan. Tuhan, aku butuh jawaban.


*di tengah kebosanan. di dalam tekanan. di kelilingi rintangan.

jatahabis.

Bandung, 19 November 2008


.jatah ngeBULBO habis, saia posting di sini aja.

** Dari mana kamu dapet bulbo ini?
. dari Anin, di FS
.
** Apa yang akan kamu lakukan setelah mengisi bulbo ini?
. nulis blog
.
** Apa merk hp mu yang sekarang?
. nokia
.
** Kenapa kamu memilih hp itu?
. soalnya duit tabungan saia cukupnya beli itu
.
** Sim card apa yang kamu pake?
. im3
.
** berapa pengluaran [ulsa mu dalam sebulan?
. terserah saia sih, sampe 200rb juga pernah :D
.
** Pernah kena marah guru or dosen?
. pernah guru, ampe dibentak pas SD
.
** karena apa?
. saia adalah ketua kelas yg membawa kabur seisi kelas krn gurunya lupa ngasih istirahat.. dia istirahat duluan aja gitu, kita di kelas. si ENTIN, masih inget tah namanya!
.
** Buku apa yang paling kamu suka?
. komik hai, miiko. kokology. cerpen2 miris dan sadis.
.
** Kamu hobi maen game?
. hanya game2 buat iseng
.
** Setujukah kamu kalo hidup itu harus balance (antara maen dan belajar)?
. ga setuju. mending banyakin maen. capek ah, bosen belajar melulu. 14 tahuuun loh ketemu buku dan berada di lembaga formal!
.
** Apa yang akan kamu lakukan kalo ketemu dengan musuh lama mu?
. peluk, cipika-cipiki, senyum
.
** Apa yang biasanya kamu lakukan kalo lagi ngambek?
. diem, nangis.
.
** Kamu suka seafood?
.suka sama udang,KEPITING,dan sebagainya
.
** Udah berapa kali kamu pacaran? (wah…ketauan deh…)
. tara pacaran saia mah. suer..(trus ada yg nanya, "Dulu aku dianggap siapa kamu? Angin lalu?!?!) ahaha, maav sayaaaang :p
.
** Apa yang buat kamu menerima pacar kamu yang sekarang?
. karena invisible
.
** Apa kriteria pacar mu?
. orang banjar. hahaha, mama super baek sama orang banjar. (ampe yg bilang mau mampir dan ga kenal disuruh ke rumah ahahahaha. sial)
.
** Apakah ortu mu setuju dengan pacar mu yang sekarang?
. siapapun dia, mesti setuju.
.
** Kapan rencananya untuk married?
. ntarlah, saia mau mikirin kabur dulu nii..
.
** Apa planning mu bulan depan?
. UAS, pengen liburan sambil kerja sambilan.
.
** Sebutkan sebuah pepatah yang paling kamu suka?
. satu kebaikan, dapat menghangatkan 3 musim dingin. -pepatah Jepang-
Diposting oleh tyara di 08.32.00 | 0 komentar   Link ke posting ini
Label:
Sabtu, November 01, 2008

.perempuan kedua.

Bandung, 01 November 2008

-perempuan kedua-


Membaca judul sebuah kumpulan cerpen ketika saia sedang berpusing-pusing mencari buku hukum -padahal saia kuliah manajemen. Judul buku itu membuat saia tersihir, diam sejenak.

"Perempuan Kedua"

Hmm, perempuan. Mengapa tidak disebut wanita? Wanita adalah bentuk ameliorasi dari perempuan, pemaknaan yang lebih tinggi. Karena dalam judul kumpulan cerpen itu, yang dimaksud perempuan kedua tak lain dan tak bukan adalah orang ketiga.

Dan, saia juga tidak tahu. Mengapa saia begitu. Begitu. Begitu. Lebih tertarik dengan cerita2 seperti itu dibanding novel2 teenlit yang rasa2nya, bahasanya lebih gamblang, mudah dicerna. -Ah, tapi saia tak suka.

Mungkin karena realitas hidup yang diangkat cerita-cerita seperti itu menjadi tren di Indonesia saat ini. Yah, mungkin. (jujur, saia langsung keingetan wawancara sebuah infotaiment sama Teh Ninih yg keliatan banget menahan hati pas diwawancara).

Belum lagi belakangan ini, sedang gembar-gembornya kisah seorang kyai nyentrik yg menikahi anak di bawah umur. (Sebenarnya, siapa yg menyebarkan beritanya sampe bisa seheboh itu ya? Saingan bisnisnya kah? atau orang iseng?) Sebenarnya, dalam kasus kyai nyentrik itu sih, bukan bulat2 salah sang Kyai. Lah, iya... bagaimana pertanggungjawaban kedua orang tua si gadis 12 tahun itu? Seenaknya saja melempar tanggung jawab merawat anaknya kepada orang lain.

-back to topic-

Perempuan kedua. Tanpa bermaksud merendahkan. Saia hanya ingin membahas buku kumcer yang saia beli ini. Karena menurut saia, buku ini realitas banget. Dan gak hanya melulu ttg cinta plus perselingkuhan. Buku ini tentang perempuan. Meskipun lumayan banyak kisah2 tentang poligami dan perselingkuhan.

Cerita terbaik menurut saia adalah :

(ttg poligami)

1. Perempuan Kedua. Singkatnya, cerita ini adalah kisah ttg seorang lelaki -suami dan seorang ayah- yg meminta izin untuk menikah lagi. Dan naasnya, alih2 mendapatkan istri baru, janda yg anak satu yg dilamarnya malah menikah duluan. Kemudian, istrinya meminta surat cerai karena akan menikah dengan tetangga sebelah rumah. Poor him !
-- Pelajarannya : pernah baca fabel tentang anjing yg berkaca? Diceritakan anjing itu mendapati pantulan bayangan dirinya di sungai sedang membawa sepotong daging. Anjing itu berpikir jika ada anjing lain di sana, jadi dia menyalak keras kepada pantulan dirinya di sungai dgn harapan bisa memiliki lebih banyak daging. Tapi, malah anjing itu kehilangan daging yg dimilikinya.

2. Fragmen Musim Gugur. Kisah ini ttg seorang ayah yg memilih berpoligami karena dia tidak punya anak lelaki dari istri pertamanya. Sayangnya, dari istri keduanya si ayah tidak memiliki anak. Jadilah, dia menikah lagi dengan janda beranak satu -anaknya lelaki. Yang notabene, anak lelaki itu adalah kekasih anak dari istri pertamanya.

Yang dibahas di cerita ini bukan hanya perasaan si anak perempuan. Tapi juga perasaan ibunya -istri pertama- yang herus rela dimadu hanya karena tidak bisa memberikan anak lelaki. Akhir kisah, si anak perempuan itu menemui ayahnya yang tengah sekarat. Sekaligus bertemu cinta pertamanya yang telah menjadi saudara tirinya.

Kemudian, lelaki cinta pertamanya itu melamarnya-diperbolehkan karena mereka tak ada hubungan darah-. Sayangnya, lelaki itu sudah punya istri. Karena dia merasa terlalu lama menunggu. Dia meminta si perempuan menjadi istri keduanya. Untungnya, perempuan itu menolak. =)
(ah, memang buah jatuh tak jauh dari pohonnya. :p)

*Apa bedanya anak lelaki dan perempuan? Apa hanya alasan saja? Tidak punya anak lelaki, minta anak lelaki. Tidak punya anak perempuan, ingin anak perempuan. -padahal, menurut pelajaran Biologi yg saia terima ttg sistem reproduksi manusia yg mempengaruhi lelaki atau perempuan anak yg akan dilahirkan itu adalah kromosom lelaki. Jadi, sekarang... kalau ada lelaki yg protes, "Tak punya anak perempuan/lelaki" bilang saja, "Itu kan kromosommu, genmu, dll." Kalau perlu, cari penjelasan ilmiahnya. Suruh sekalian dia yang hamil, melahirkan. Huh, banyak maunya. (wew, tiba2 esmosi. inget sama temen saia dulu yg mengalami nasib kaya gitu. kasian)

3. Celana Dalam. Sebenarnya, kisah yg ini diselingi humor2 lucu, tapi tetep kena.

selain itu, cerita tentang perselingkuhan :

4. Sepotong Wajah. (cerita ttg perselingkuhan seorang perempuan)

5. Layli. (cerita ttg perempuan yg diselingkuhi saat dia setengah mati menguliahkan suaminya)

cerita ttg perempuan :

6, Awan Menangkap Rembulan. cerita ttg kekuatan wanita yang sanggup menjadi tulang punggung, topangan hidup keluarga meskipun tidak berakhir manis.

selain itu, masih ada 7 cerita lagi. semuanya bagus2 =)


------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


3 cerpen tentang poligami yang dituliskan di sini sepertinya sengaja dituliskan untuk menyuarakan hati perempuan. Karena, dalam sekapur sirih nya, penulis menulis :

"Seluruh cerpen berkisah tentang SEGALA SUDUT PEREMPUAN. Perempuan bisa tangguh. Bisa pula rapuh. Bisa saja setia. Bisa pula membagi cinta dengan cara menjadi perempuan kedua."

karena saia hanya ingin membahas bagian poligami saja -bukan berarti saia tidak mendukung. silakan saja jika ada wanita yg bersedia dipoligami, saia tak melarang. asal jangan saia. saia sih, pihak netral-

cuma, yang saia baca dari 3 cerpen ttg poligami ini adalah perasaan paling dalam wanita yang tentu saja tidak rela dipoligami. kenapa? kalau Anda yg membaca adalah lelaki, bersediakah Anda dipoliandri? hmm.

intinya sih, serela apapun wanita yang dipoligami, jauuuuuh di dalam lubuk hatinya ada secuil (yah, biarpun secuil) ada perasaan perih juga -ah, apalagi seperti seorang saia yg tak pernah berbagi apapun, sedikitpun milik pribadi saia. memang mereka tak bilang. karena wanita itu makhluk paling kuat -lebih dari lelaki. sekaligus paling rapuh.

yah, sah2 saja jika ada yg mau poligami. tokh, diperbolehkan bukan asal bisa bersikap adil? -padahal manusia tak pernah bisa bersikap seadil2nya krn timbangan rasa dan ukuran yg berbeda untuk keadilan itu. tapi, adakah yg tahu, kalau Rasulullah yg berpoligami sekalipun (kalau Rasul sih dengan alasan jelas dan tentu dapat dimengerti, yg gatau baca Al-Quran atau hadis2 saja deh)
tidak setuju ketika anaknya akan dipoligami. Tanya kenapa? (ada baiknya nanti saia posting hadis atau ayatnya di sini, habis saia bukan ahli agama jd tak hapal).

Mmm, bukan karena saia PEREMPUAN saia menolak poligami (eh, saia pihak netral loh! kan asal jangan saia =D ). tapi, karena saia juga perempuan, saia tidak ingin menjadi menyakiti hati sesama perempuan dengan menjadi orang ketiga. saia pernah disakiti karena orang ketiga (cailah. apaan juga, zaman kapan taun juga). jadi, paling tidak saia tidak ingin perempuan lain merasa seperti yg pernah saia rasa.

Ohyah, untuk pembelaan terhadap kaum lelaki tentang poligami. Saia menyetujui poligami, mendukung sepenuh hati, jika kasusnya seperti seorang kakek yg punya 96 istri (rekor di Indonesia sampe poligami sebanyak itu loh!). Kenapa? Karena si kakek (dulunya bukan kakek2 lah!) menikahi wanita2 perawan tua yang miskin, tuna rungu entah tuna wicara. Intinya, menikahi istri2nya itu bukan karena fisik (krn perawan tua tak mungkin berumur 17-20tahunan), dan yah yg seperti itulah yg mungkin bisa saia setujui. (sekali lagi, saia tetep ogah dipoligami. sori-sori. hahaha)

Yah, itu sih hanya sedikit (eh, banyak kali yah) dari saia. saia cuma ingin menyuarakan hati wanita2 yang terluka tp dipendam saja. Tulisan ini BUKAN HANYA UNTUK LELAKI. Karena, yah tak sepenuhnya salah lelaki kan? (saia adil koq, meskipun saia perempuan). tapi, juga UNTUK PEREMPUAN-PEREMPUAN KEDUA tanpa mengurangi sedikit rasa hormat pun. (ehm, paling tidak untuk wanita yg sejenis M**L**A, teman saia yg doyan ngerebut pacar orang lain pas SMA. *nyengir*)

nb : Bu, kalo lo sempet baca lo ga berhak marah. ato lo bakal di demo semua cewek yg pernah merasa lo rugikan. dan gue bakal ada untuk ngebela sobat2 gue sekaligus diri sendiri.ahahaha.


THANX ALL,
GUD NITE.
*doa kan saia agar tak akan pernah menjadi perempuan kedua.
Langganan: Postingan (Atom)

Efek Rumah Kaca - Kamar Gelap

Labels