Sabtu, Desember 20, 2008

sakit yg aneh.

Kemaren, sepulang kuliah gue ngerasa ngga enak badan (bangetbanget). Padahal, gue pulang nebeng temen, ngga pake angkot. Abis itu, nyampe rumah gue langsung makan. Dan pas gue cuci muka... mau sholat Ashar, tau2 mata gue blink2 gitu. Silau.

Wew, gue udah maen panik ajah.. Gue pikir mata gue bermasalah karena radiasi kompi (yg kt temen LCD itu radiasinya gede). Pas maksain make kompi.. mendadak gue mual. Mual banget. (kek orang ngidam kali -kali, gue ga pernah ngidam- ). Akhirnya, krn sebentar lagi maghrib, gue bertahan... nunggu bis sholat magrib trus tidur.

Tau-tau gue kebangun jam setengah 11. Pas gue bangun, mau minum.. dunia serasa bergoyang (eh, tapi lama2 asik huehehe). Akhirnya gue nyari2 aspirin dan ngelanjutin tidur gue dengan kepala yg masih pusing sebelah. Pusing hebat.

Pagi-pagi, nyokap bangunin buat solat Subuh. Dengan terhuyung2 gue bangun dan wudhu. Sebelumnya, gue nyoba bangun dan selalu jatoh lagi di atas tempat tidur, saking pusingnya (dan masih mual juga).

Abis Subuh, gue nebeng di kamar nyokap...(bokap diusir dulu). Kamar nyokap emang paling nyaman buat tidur. Trus nyokap bilang, "Jangan-jangan kamu ketempelan kali? -ketempelan tuh ditebengin makhluk gaib badannya-
Gue cuek, masa iyah ada makhluk gaib sekurang kerjaan itu nebengin gue? Secara rumah gue (menurut penduduk sini) adalah gudang makhluk gaib. wew.

Abis itu, gue cobain chatting, ngenet, dll. Oke, mata gue fine. Tapi, masih pusing ama mual juga (padahal sebelumnya gue dah minum energen). Secara, ga mungkin darah rendah gue kambuh. Soalnya belakangan ini gue makan banyaaaak dan penuh nutrisi plus selalu minum obat tambah darah.

Iseng2, gue nyari tau lewat Mbah Gugle. Gue ketikin deh tuh gejala2 yang gue alami... U know what? hasil yang muncul adalah : "Gangguan Kehamilan".
Weeeeekkkksss. Trus gue hamil gituh? bwahaha..gue keukeuh ajah nyari penyakit gue yg ngga berhubungan ama kehamilan. (kalo gue hamil, mesti ntar ngelahirinnya makhluk kecil lucu, berbulu, kuping di atas, kakinya empat, suaranya meowmeow.wkwkwk)

Dan, well..
akhirnya gue nemuin yang pas banget dari blog orang yg menjelaskan gejala2 yang gue alami. PERSIS..

1. Migren :Ini sakit kepala sebelah yang menekan dan berdenyut serta menepap pada satu sisi dibarengi rasa mual trus klo' dibawa membungkuk lebih terasa parah,pandangan berkunang kunang dan pada titik pandang seakan ada banyak bola-bola sebesar telur dan bintik warna warni terang benderang ditengahnya gelap ga' tau dech masing masing orang tapi rata-rata gejalanya sama dech.Setelah beberapa saat memudar tergantikan ma rasa nyeri hebat.Penderita sangat peka terhadap cahaya terang dan suara keras.Pokok'e nyeri berdenyut hebat dan berulang, yang biasanya mengenai salah satu sisi kepala tetapi kadang mengenai kedua sisi kepala.
Nyeri timbul secara mendadak dan bisa didahului atau disertai dengan gejala-gejala visual (penglihatan), neurologis atau saluran pencernaan.
Migren bisa terjadi pada usia berapa saja, tetapi biasanya mulai timbul pada usia antara 10-30 tahun; kadang menghilang setelah usia 50 tahun.Migren ini lebih sering menyerang kita kaum emak karena berhubungan dengan siklus haid dan penggunaan kontrasepsi dengan permainan hormon seperti suntik dan pil KB.
Migren biasanya lebih hebat daripada sakit kepala akibat tekanan darah.Seringkali menjadikan kita menjadi tidak berdaya, terutama jika disertai dengan mual, muntah dan silau mata (fotofobia) trus kaki dan tangan dingin dan tampak membiru..



Pada kasus seperti ini, biasanya selain obat pereda nyeri, penderita juga membutuhkan istirahat dan tidur untuk mengurangi sakit kepalanya.
Sekitar 10-30 menit sebelum sakit kepala dimulai (suatu periode yang disebut aura atau prodroma), gejala-gejala depresi, mudah tersinggung, gelisah, mual atau hilangnya nafsu makan atau malah semangat makan terutama pengennya yang tajem bumbu seperti manis dan asin.
Penderita yang lainnya mengalami hilangnya penglihatan pada daerah tertentu (bintik buta atau skotoma) atau melihat cahaya yang berkelap-kelip.
Ada juga penderita yang mengalami perubahan gambaran, seperti sebuah benda tampak lebih kecil atau lebih besar dari sesungguhnya.
Beberapa lainnya merasakan kesemutan atau kelemahan pada lengan dan tungkainya.
Biasanya gejala-gejala tersebut menghilang sesaat sebelum sakit kepala dimulai, tetapi kadang timbul bersamaan dengan munculnya sakit kepala.
Migren bisa sering terjadi selama waktu yang panjang tetapi kemudian menghilang selama beberapa minggu, bulan bahkan tahun.
Untuk pemilihan obat migren yang tepat ada baiknya Sahabat harus periksakan diri dan konsultasi ke dokter spesialis jantung.Karena penyakit migren ini berhubungan langsung dengan gaya hidup kita seperti kurang tidur,kebanyakan tidur maka perbaikan pola sangat membantu misalnya dengan rajin olah raga,relaksasi serta tidur dan bangun pada waktu yang teratur di tiap harinya.



Pengobatan dengan tanaman obat : Sesiung bawang putih tunggal dihaluskan atau digecek kemudian ditelan begitu aja bisa meredakan rasa sakit kepala sebelah.Bisa dengan bantuan pisang atau lainnya agar mudah masuk ke tubuh.


wah, gue seneng sekaligus lega. tadinya gue pikir gue kena kanker otak :( paling jelek, glaukoma. karena gak mungkin gue hamil kan? (ah, iya aja deh)

berarti sekarang gue mesti minum kapsul bawang putihnya nyokap. dibanding gue mesti ngunyah bawang putih beneran hueeekh (gue pernah ngunyah sesiung bawang putih buat obat batuk, dulu. hasilnya 3hari gue gabisa makan dan muntah2 :D amit2 deh).


alamat blog copasnya gue tulisin di bawah, krn masih banyak penjelasan ttg sakit kepala yg lain ;)

dan makasiiih buat mommie yg udah care ama aku (luv u, Mom). buat madu yang udah mikirin gue :"> buat nyokap juga. *ahaha, jd ky acara peluncuran buku perdana :P


yah, sudah..

doain semoga gue cepet sembuh.. makasiiih ^^

nih, alamat copasnya : KLIK

Diposting oleh tyara di 09.18.00 |  
Label: , ,

1 komentar:

Langganan: Posting Komentar (Atom)

Efek Rumah Kaca - Kamar Gelap

Labels